Perilaku konsumen
Faktor –faktor yang mempengaruhi
keputusan membeli
Tujuan kegiatan pemasaran
adalah mempengaruhi pembeli untuk bersedia membeli/menggunakan
produk/barang/jasa yang di tawarkan (saat mereka membutuhkan)
Hal ini
penting diketahui seorang manajer/tenaga pemasaran untuk memahami : mengapa dan
bagaimanakah tingkah laku konsumen
tersebut demikian/seperti itu... jika perusahaan /kita tahu akan tingkah
laku pembeli/konsumen maka dapat dengan
mudah untuk :
a.
Mempromosikan
b.
Mendistribusikan
c.
Menentukan
harga
d.
Mengembangkan
produk
Faktor
faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli
sangat beragam dan alasan kompleks:
Diantaranya:
1.
Kebudayaan/adat
2.
Kalas
sosial/pendapatan/jabatan
3.
Lingkungan
/komunitas kecil
4.
Keluarga
5.
Kepribadian
6.
Sikap
dan kepercayaan
7.
Konsep
diri
8.
Pengalaman
Selain
itu juga di perlukan suatu proses dan
waktu
1.
Kebudayaan/adat
Kebudayaan
adalah simbol dan fakta yang komplek yang di ciptakan oleh manusia dengan
proses waktu , diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur
pola tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada
Simbol
bersifat kentara: karya seni, pakaian, alat alat kesaharian, rumah, karya seni,
makanan
Simbol tak
kentara : sikap, pendapat, nilai nilai budi pekeri, bahasa, agama
Seiring
kemajuan jaman ada perkembangan jaman sesuai kebudayaannya
2.
Kalas
sosial/pendapatan/jabatan
Faktor
sosial dapat di bedakan berdasar tingkat pendapatan, model perumahan/tempat
tinggal, kendaraan. Dan dapat di
golongkan menjadi :
Golongan
atas : pejabat tinggi dan
pengusaha kaya/berhasil
Golongan
menengah : karyawan/pegawai instansi
pemerintah dan karyawan tetap perusahaan besar, penguasaha menengah, pedagang
besar/grosir dll
Golongan
rendah : karyawan /buruh pabrik,
pedagang kecil, tukang-tukang, honor harian dll.
3.
Lingkungan
/komunitas kecil
Dalam suatu
komunitas ada rasa tolerasni/kebersamaan, atau persaingan dll . yang termasuk
kelompok ini seperti perkumpulan profesi(buruh, pedagang pasar), agama,
lingkungan tetangga, satu instansi, satu perusahaan. Satu sekolahan, dll
4.
Keluarga
Dalam
keluarga banyak keinginan: untuk kelompok umur, anak anak, remaja, dewasa ,
janda duda, pengantin baru, berbeda dalam penentuan produk dan keinginan serta
kebutuhan.
5.
Kepribadian
Masyarakat
dengan berbagai kepribadian diantaranya berdasar yaitu:
Kegiatan
aktivitas keseharian, pekerjaan,, minat, karakter pribadi
6.
Sikap
dan kepercayaan
Kepercayaan
mempengaruhi sikap dan sikap berpengaruh terhadap sikap... saling berhubungan
dalam menentukan pembelian.
7.
Konsep
diri
Merupakjan
cara seseorang untuk melihat , merasakan dan memahami tentang sesuatu hal. Jati diri seseorang dan
jiwa idealismenya pribadi atau orang
lain menjadi pertimbangan yg mempengaruhi untuk membeli sesuatu.
8.
Pengalaman
Dengan
pengalaman seseorang akan belajar dari produk/barang /jasa yang di peroleh
.......... dari pengamatan, memakai/menggunakan, merasakan nya... maka akan
menentukan seseorang untuk bertindak untuk membeli atau tidak
Tahapan
seseorang dalam proses pembelian/pemakaian jasa produk/barang yaitu
1.
Menganalisa
keinginan dan kebutuhan (mendesak, pokok)
2.
Menilai
sumber sumber dana yang ada (tunai /kredit)
3.
Menetapkan
tujuan pembelian (primer, sekunder, tersier)
4.
Mengidentifikasi
alternativ produk lain (perbandingan)
5.
Keputusan
membeli
Motif seseorang
dalam membeli/mengguankan barang /jasa
a.
Harga
b.
Model
/Kegunaan
c.
Merk/Garansi
ayg ditawaarkan/bahan
d.
Toko/swalayan/mall/
gallery yang menarik
e.
Kemampuan
tenaga pemasaran mempengaruhi
f.
Lokasi
dan pelayanan baik
4 komentar:
SIP ^_^
like it ..
thanks ya ,,
artikel.y ngebantu banget :)
bagus sip
bgus 2 bwt pra orang2 yg pngen bljar bka usaha
Posting Komentar
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.